Relawan TIK Kalbar Berikan Pelatihan Literasi Digital di SMA Al Azhar Pontianak

Dwi Wahyudi

Pelatihan Literasi Digital Relawan TIK Kalbar di SMA Al Azhar Pontianak
Pelatihan Literasi Digital Relawan TIK Kalbar di SMA Al Azhar Pontianak (Image: Dok. Pribadi)
Think Quran Apps Register

“Assalamualaikum Bang, awal Oktober nanti bisa ngisi materi mengenai Literasi Digital di SMA Al Azhar Pontianak nggak?”, demikian isi pesan yang diterima Blogger Borneo melalui aplikasi whatsapp pada pertengahan bulan September 2023.

Langsung mengecek agenda kegiatan (cieee gayanya seperti anggota dewan saja) dan tanpa pikir panjang (karena memang tidak ada agenda, maklum saja pengangguran) langsung merespon pesan tersebut dengan kalimat “Oke, pastikan dulu tanggalnya seminggu sebelumnya ya Bro.”

Profil SMA Al Azhar Pontianak

Mendapat pesan dari pihak SMA Al Azhar Pontianak yang kebetulan (meskipun sebenarnya tidak ada yang namanya kebetulan di dunia ini karena semua berjalan sesuai kehendak Allah) adminnya adalah sahabat lama Blogger Borneo sendiri membuat ingatan ini terlempar ke peristiwa beberapa tahun lalu.

Mencoba mencari referensi dari tulisan yang pernah dipublikasikan di blog khususnya mengenai kegiatan yang pernah dilaksanakan dulu, hanya menemukan banner kegiatan di salah satu tulisan yang berjudul “Belajar Menjadi Hebat dengan Internet Sehat“.

Tidak terasa 13 tahun sudah kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan, pada saat itu kerjasama terjalin antara pihak Telkom Speedy Pontianak dengan Yayasan Kejayaan Islam Khatulistiwa (YKIK) sebagai pemegang lisensi sekolah dengan brand “Al-Azhar” ini.

Pada saat itu belum ada tingkatan Sekolah Menengah Atas (SMA), masih Sekolah Dasar (SD) dan baru mulai untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) nya. Alhamdulillah untuk saat ini SMA Al Azhar Pontianak sudah ada dan telah melahirkan beberapa angkatan alumni.

Agenda Kegiatan Nyaris Bentrok

Menjelang seminggu sebelum bulan September berakhir, Blogger Borneo mendapat undangan untuk mengikuti pelatihan dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang rencananya akan diselenggarakan dari tanggal 9-11 Oktober 2023.

Sempat bingung karena kemungkinan besar bentrok, mencoba mengkonfirmasi ke pihak panitia pelaksana ternyata para peserta akan dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok dimana harinya dapat dipilih dari rentangan tanggal tersebut. Fiuhhh…

Baca Juga:  Pontianak Wordpress Meetup, Tempat Sharing Pengguna WP Kalimantan Barat

Memang Allah selalu paham dengan kondisi umat-Nya. Entah kenapa yang awalnya kegiatan Literasi Digital SMA Al Azhar Pontianak akan dilaksanakan pada hari Senin, 9 Oktober 2023 kemudian digeser sehari setelahnya tepatnya di hari Selasa, 1o Oktober 2023.

Sebenarnya Blogger Borneo memang ingin meminta jadwalnya diundur jika bisa karena di hari Senin bentrok dengan jadwal mengajar di SMA Kapuas Pontianak. Cieee… Gini-gini guru lohhh… Guru ekonomi agik. Acem mane cerite Blogger Borneo bise jadi guru nih??? Tunggu update tulisannye jak ye…

Jadi setelah dikonfirmasi final schedule nya, Alhamdulillah tidak ada agenda yang bentrok. Semua pas hari dan tanggalnya. Hari Senin tetap bisa mengajar di SMA Kapuas Pontianak, hari Selasa mengisi materi Literasi Digital di SMA Al Azhar Pontianak, dan hari Rabu mengikuti kegiatan pelatihan dari Perpusnas RI.

Literasi Digital untuk SMA

Pada awalnya sempat bingung untuk menentukan topik apa yang akan dibawakan karena istilah “Literasi Digital” itu sendiri memiliki makna yang luas. Dibawah ini merupakan definisi secara umum menurut Wikipedia Indonesia.

Literasi digital atau kemelekan digital (melek digital) adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat, dan patuh hukum sesuai dengan kegunaannya dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari.

Terdapat 4 (empat) keterampilan yang menjadi pilar dari Literasi Digital itu sendiri, antara lain:

  1. Keterampilan Digital (Digital Skills);
  2. Kebudayaan Digital (Digital Culture);
  3. Etika Digital (Digital Ethics); dan
  4. Keamanan Digital (Digital Safety).

Sempat berdiskusi dengan pihak SMA Al Azhar Pontianak mengenai output apa yang ingin dihasilkan dari penyelenggaraan kegiatan pelatihan Literasi Digital ini, akhirnya Blogger Borneo bisa menentukan materi apa yang bisa disampaikan nantinya.

Materi Umum dan Khusus

Waktu menunjukkan jam 13.45 WIB, posisi Blogger Borneo masih on the way dari mengurus mengambil barang di gudang untuk kemudian dikirim ke pelanggan luar kota. Sempat terjebak macet di jembatan kapuas 2 sehingga baru tiba di SMA Al Azhar Pontianak jam 14.15 WIB.

Sesi Pembukaan Kegiatan Pelatihan Literasi Digital untuk SMA
Sesi Pembukaan Kegiatan Pelatihan Literasi Digital untuk SMA (Image: Dok. Panitia)

Meskipun sempat memberikan konfirmasi mengenai keterlambatan ini, namun tetap terasa kurang enak karena melihat para undangan telah hadir duluan. Atas peristiwa keterlambatan ini, Blogger Borneo juga mewakili Relawan TIK Kalbar mengucapkan permohonan maaf kepada pihak Yayasan dan para peserta undangan.

Baca Juga:  Pengalaman Pertama Bermain Mini Soccer di Lapangan Parama Kubu Raya

Berdasarkan rundown kegiatan yang dikirim sehari sebelumnya, waktu sharing materi diberikan dari jam 14.15 hingga 16.30 WIB. Ada jeda sekitar 15 menitan untuk sesi sholat Ashar berjamaah. Meskipun sebenarnya terasa sangat kurang waktu yang diberikan, namun akan tetap berupaya materi dapat tersampaikan sesuai harapan.

Pada kesempatan ini Blogger Borneo membagi materi menjadi 2 (dua) yaitu Materi Umum mengenai “Menjaga Privasi Pribadi di Ranah Digital” dan Materi Khusus mengenai “Tips Menulis Kreatif ala Blogger Borneo”. Selama kurang lebih 1,5 jam menyampaikan materi, Alhamdulillah target yang diinginkan pihak SMA Al Azhar Pontianak tercapai.

Menghasilkan Tulisan dalam Waktu Singkat

Pada dasarnya semua orang bisa menulis, buktinya sejak pendidikan usia dini hingga jenjang perguruan tinggi, kita selalu diminta untuk menulis, menulis, dan menulis. Entah itu dalam bentuk Pekerjaan Rumah (PR), Tugas Belajar, ataupun mencatat materi yang disampaikan oleh para pengajar.

Jadi sebenarnya tidak sulit untuk dapat membuat sebuah tulisan, hanya saja kita terkadang bingung mulai membuat tulisan dari mana. Ya maklum saja, selama ini kita menulis karena diminta, disuruh, atau bahkan dipaksa, bukan atas dasar keinginan sendiri sehingga akan beda rasanya.

Dapat menghasilkan tulisan oleh setiap peserta yang hadir menjadi target dari penyelenggaraan kegiatan pelatihan Literasi Digital ini. Waktu masih menyisakan sekitar 15 menit, para peserta diminta untuk membuat tulisan yang terkait dengan SMA Al Azhar Pontianak.

Relawan TIK Kalbar Berikan Materi Literasi Digital untuk SMA
Relawan TIK Kalbar Berikan Materi Literasi Digital untuk SMA (Image: Dok. Pribadi)

Tampak para peserta yang notabene merupakan guru pengajar di SMA Al Azhar Pontianak cukup bersemangat membuat tulisan berdasarkan bahan referensi yang dimiliki. Ada yang menulis tentang pengalaman pribadi, ada pula yang menulis mengenai aktivitas kegiatan yang telah dilakukan.

Mendapatkan Cuan dari Aktivitas Menulis

Dalam salah satu pemaparan materi yang disampaikan, Blogger Borneo ada membahas mengenai peluang untuk mendapatkan cuan dari tulisan-tulisan yang dihasilkan. Tentu saja semua tetap harus melalui proses dan target pencapaian tetap akan sebanding dengan usaha dan biaya yang dikeluarkan.

Baca Juga:  Diskusi Asyik Mengenai Kondisi Literasi di Kalangan Mahasiswa, Cukup Miris

Blogger Borneo pun langsung memberikan contoh bagaimana dari aktivitas menulis dapat menghasilkan cuan. Bagi 3 (tiga) orang peserta dengan tulisan yang dianggap terbaik akan langsung mendapatkan reward dalam bentuk pulsa masing-masing senilai 50 ribu.

Materi Literasi Digital untuk SMA
Penyampaian Materi Literasi Digital untuk SMA oleh Relawan TIK Kalbar (Image: Dok. Panitia)

Mendengar penawaran ini para peserta semakin tambah bersemangat mengeluarkan unek-uneknya, eh maksudnya isi benak pikirannya dalam bentuk tulisan berdasarkan pemikiran dan dokumentasi kegiatan yang dimiliki. Alhamdulillah ternyata dalam waktu cukup singkat para peserta berhasil membuat satu karya tulisan.

Blogger Borneo ada juga membahas sedikit mengenai Search Engine Optimization atau lebih dikenal dengan istilah SEO. Secara umum, teknik SEO dilakukan demi memposisikan kata kunci pencarian yang ingin ditarget dapat masuk dalam halaman satu pencarian Google.

Oleh karena itu, Blogger Borneo meminta kepada para peserta pelatihan Literasi Digital ini untuk memasukkan kata SMA Al Azhar Pontianak dan SMA Islam Al Azhar 10 Pontianak dalam tulisan yang dihasilkan. Nantinya pada kata ini diberikan link hidup yang mengarah ke website resmi SMA Al Azhar Pontianak.

3 Peserta dengan Hasil Karya Tulisan Terbaik
3 Peserta dengan Hasil Karya Tulisan Terbaik (Image: Dok. Pribadi)

Pada dokumentasi diatas dapat dilihat 3 (tiga) peserta dengan hasil karya tulisan terbaik menurut Blogger Borneo. Ada beberapa faktor menjadi penilaian, antara lain: subyek tulisan, gaya bahasa, penggunaan Ejaan yang Disempurnakan (EYD), dan dokumentasi pendukung.

Membuka Kerjasama dengan Pihak Lainnya

Alhamdulillah kegiatan Pelatihan Literasi Digital SMA Al Azhar Pontianak berjalan dengan lancar dan sukses tanpa ada kendala. Sesudahnya Blogger Borneo turut mengucapkan terima kasih kepada Bang Steofandi Fizari yang telah mengundang perwakilan dari Relawan TIK Kalbar untuk menjadi pemateri.

Tidak lupa Blogger Borneo ucapkan terima kasih kepada para peserta yang telah berkenan untuk hadir guna mendengarkan sharing mengenai Literasi Digital untuk SMA, semoga dapat memberikan manfaat untuk dapat diterapkan ke diri pribadi juga ke para siswa/siswi SMA Al Azhar Pontianak.

Khusus bagi pihak lain yang ingin bekerjasama menyelenggarakan kegiatan serupa terutama berkaitan dendgan Pelatihan Literasi Digital, Pelatihan Digital Marketing, Pelatihan Public Speaking, Pelatihan Menulis Kreatif, dan pelatihan-pelatihan sejenis lainnya dapat langsung menghubungi nomor whatsapp ini. Salam Literasi Digital… (DW)

Advertisements

Bagikan:

Baca Juga Artikel Lainnya

Leave a Comment

Kledo Software Akuntansi Online
Pontianak Wordpress Meetup