Perbedaan antara Biaya dan Beban dalam Akuntansi, Serupa Tapi Tak Sama

Dwi Wahyudi

Perbedaan Biaya dan Beban
Ilustrasi Perbedaan Biaya dan Beban (Sumber: educba.com)
Think Quran Apps Register

Dalam dunia akuntansi, ada dua istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan pengeluaran perusahaan, yaitu biaya dan beban. Biaya dan beban merupakan dua hal yang berbeda, meskipun keduanya sama-sama mengurangi pendapatan perusahaan.

Akan tetapi, ternyata masih banyak orang yang bingung atau salah mengartikan kedua istilah ini. Apa sebenarnya perbedaan antara biaya dan beban? Bagaimana cara membedakannya dalam laporan keuangan?

Definisi Biaya 

Biaya atau cost adalah pengeluaran yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk memperoleh atau memproduksi barang atau jasa yang menjadi objek usaha perusahaan.

Biaya dapat diukur dengan jumlah uang yang dikeluarkan atau nilai wajar dari imbalan lain yang diberikan untuk mendapatkan barang atau jasa tersebut.

Biaya juga dapat dialokasikan atau ditelusuri secara langsung kepada produk atau aktivitas tertentu yang menghasilkan pendapatan. Biaya memiliki karakteristik sebagai berikut: 

  • Biaya berhubungan dengan masa depan, yaitu biaya yang dikeluarkan saat ini akan memberikan manfaat atau hasil di masa yang akan datang. 
  • Biaya berhubungan dengan aset, yaitu biaya yang dikeluarkan akan menambah atau mengurangi nilai aset perusahaan, baik aset lancar maupun aset tetap. 
  • Biaya berhubungan dengan modal, yaitu biaya yang dikeluarkan akan mempengaruhi struktur modal perusahaan, baik modal sendiri maupun modal pinjaman. 
  • Biaya berhubungan dengan produksi, yaitu biaya yang dikeluarkan akan mempengaruhi jumlah dan kualitas barang atau jasa yang diproduksi perusahaan. 
Baca Juga:  Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah (SAK EMKM)

Definisi Beban 

Beban atau expense adalah pengeluaran yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk menjalankan operasi atau aktivitas usaha perusahaan secara umum. Beban tidak dapat diukur dengan jumlah uang yang dikeluarkan atau nilai wajar dari imbalan lain yang diberikan, melainkan dengan penurunan manfaat ekonomi yang terjadi selama periode akuntansi.

Beban juga tidak dapat dialokasikan atau ditelusuri secara langsung kepada produk atau aktivitas tertentu yang menghasilkan pendapatan. Beban memiliki karakteristik sebagai berikut: 

  • Beban berhubungan dengan masa kini, yaitu beban yang dikeluarkan saat ini akan memberikan manfaat atau hasil di masa yang sama. 
  • Beban berhubungan dengan pendapatan, yaitu beban yang dikeluarkan akan mengurangi pendapatan perusahaan, baik pendapatan usaha maupun pendapatan lain-lain. 
  • Beban berhubungan dengan laba rugi, yaitu beban yang dikeluarkan akan mempengaruhi laba atau rugi perusahaan, baik laba bersih maupun laba kotor. 
  • Beban berhubungan dengan operasi, yaitu beban yang dikeluarkan akan mempengaruhi efisiensi dan efektivitas operasi perusahaan. 

Perbedaan Antara Biaya dan Beban 

Setelah mengetahui definisi biaya dan definisi beban, kita dapat mengetahui perbedaan antara biaya dan beban dari beberapa aspek, yaitu: 

  • Aspek tujuan. Biaya dikeluarkan dengan tujuan untuk mendapatkan aset tertentu yang dapat memberikan keuntungan pada bisnis di masa yang akan datang. Sementara beban dikeluarkan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan operasional dan memperoleh pendapatan. 
  • Aspek waktu. Biaya dikeluarkan pada saat perolehan atau produksi barang atau jasa, yang biasanya berlangsung lebih dari satu periode akuntansi. Sementara beban dikeluarkan pada saat penggunaan atau konsumsi barang atau jasa, yang biasanya berlangsung dalam satu periode akuntansi. 
  • Aspek pengukuran. Biaya diukur dengan jumlah uang yang dikeluarkan atau nilai wajar dari imbalan lain yang diberikan, yang dapat ditelusuri secara langsung kepada produk atau aktivitas tertentu. Sementara beban diukur dengan penurunan manfaat ekonomi yang terjadi, yang tidak dapat ditelusuri secara langsung kepada produk atau aktivitas tertentu. 
  • Aspek pengaruh. Biaya mempengaruhi nilai aset dan modal perusahaan, yang terlihat dalam neraca. Sementara beban mempengaruhi nilai pendapatan dan laba rugi perusahaan, yang terlihat dalam laporan laba rugi. 
  • Aspek perlakuan. Biaya dibebankan pada produk atau aktivitas tertentu, yang kemudian dialokasikan ke periode akuntansi yang relevan. Sementara beban dibebankan pada periode akuntansi saat terjadinya, tanpa dialokasikan ke produk atau aktivitas tertentu. 
Baca Juga:  Kelas Mahir Financial, Belajar Melakukan Perencanaan Keuangan Keluarga dari Dasar

Contoh Biaya dan Beban dalam Akuntansi 

Untuk memperjelas perbedaan antara biaya dan beban, berikut adalah beberapa contoh biaya dan beban dalam akuntansi: 

  • Contoh biaya adalah biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, biaya overhead pabrik, biaya pembelian aset tetap, biaya perbaikan aset tetap, biaya penelitian dan pengembangan, biaya amortisasi, biaya depresiasi, dan biaya akumulasi. 
  • Contoh beban adalah beban gaji, beban listrik, beban sewa, beban telepon, beban iklan, beban bunga, beban pajak, beban administrasi, beban penjualan, dan beban lain-lain. 

Kesimpulan 

Biaya dan beban adalah dua istilah yang sering digunakan dalam akuntansi untuk menggambarkan pengeluaran perusahaan. Biaya dan beban memiliki perbedaan yang signifikan, baik dari segi definisi, karakteristik, maupun pengaruhnya terhadap laporan keuangan.

Baca Juga:  Cara Menentukan Harga Jual Produk yang Dibeli atau yang Diproduksi Sendiri

Biaya adalah pengeluaran yang terkait dengan produksi barang atau jasa, yang dapat diukur dan dialokasikan dengan jelas kepada produk tertentu. Sementara itu, beban merupakan pengeluaran yang terkait dengan operasional dan administrasi perusahaan secara umum, yang sulit untuk diatribusikan langsung kepada produk spesifik.

Biaya dan beban harus dipisahkan dan dicatat dengan benar dalam akuntansi, agar dapat menghasilkan informasi yang akurat dan relevan bagi pengambilan keputusan bisnis. 

Referensi: 

  • https://accurate.id/akuntansi/pengertian-dan-perbedaan-biaya-dan-beban/ 
  • https://majoo.id/solusi/detail/perbedaan-biaya-dan-beban
  • https://www.localstartupfest.id/faq/perbedaan-biaya-dan-beban/
  • https://www.volopay.com/id-id/blog/perbedaan-biaya-dan-beban/
Advertisements

Bagikan:

Baca Juga Artikel Lainnya

Leave a Comment

Kledo Software Akuntansi Online
Pontianak Wordpress Meetup